Wednesday, February 6, 2013

Tutorial 1.5 - Bermain dengan Teks

Sebelum munculnya grafik, teks adalah dasar dari semua program. Game petualangan berbasis teks dan Sistem berbasis teks adalah pengalaman pertama saya dalam pemrograman. Teks masih merupakan elemen yang sangat penting dari pemrograman. Pada bagian ini, Anda akan mengetahui cara merakit dan menyimpan teks.

Teks merupakan media yang paling sederhana untuk menampilkan output dari program.  Nama teknis untuk teks dalam dunia komputer adalah string. Misalnya, dalam program "Hello World", "Hello World" adalah string.

Perakitan String
String adalah kumpulan dari karakter, secara umum, kita berpikir tentang karakter sebagai simbol yang biasa Anda ketik dari keyboard, termasuk spasi. Komputer menafsirkan string seperti "Seraang !" Sebagai rangkaian karakter, setiap huruf yang didalamnya ('S' adalah karakter pertama, 'e' adalah yang kedua, dan seterusnya). String diapit dalam tanda kutip, tapi karakter ditutupi di dalam tanda kutip tunggal. Misalnya, "a", "" (spasi), "4", dan "%" merupakan string yang terdiri dari satu karakter. Tetapi 'a', '', '4 'dan'% ' adalah karakter.

Namun ada beberapa karakter yang tidak bisa ditulis dari keyboard secara pengetikan biasa. Karena sebetulnya Ada 256 jenis karakter.

Anda dapat mengakses karakter lain dengan menekan Alt dan menulis nilai-nilai numerik mereka. Misalnya, nilai numerik dari A adalah 65. (nanti akan saya sertakan tabel ASCII untuk kode-kode karakter di tutorial selanjutnya)

Sangat penting untuk mengetahui perbedaan antara string dan karakter. String terdiri dari karakter, namun sangat berbeda dari karakter. Selain itu, karakter dapat dengan mudah dikonversi ke string, tapi karakter bukan string.

Ini mungkin tampak rumit, tetapi membuat string sebenarnya mudah dilakukan. Berikut ini adalah beberapa contoh dari string. Seperti yang Anda lihat, string hanya teks yang dikelilingi oleh tanda kutip.
"Seraang !"
"Ambilkan pedangku."
"Siapa yang menempatkan pasukan saya di gerobak?"

Menyimpan String

Anda dapat menyimpan string dalam komputer sehingga Anda tidak perlu menulis berulang-ulang. Secara khusus, Anda menyimpan string dengan menempatkannya di memori (memory kita bahas secara rinci di Tutorial 2, "Lebih dalam ... ke Variabel").

OK, ini baru gambaran dasar tentang String dan karakter, minimal Anda tahu dulu apa itu String dan karakter, saya akan bahas lebih detail tentang string dan bagaimana cara menggunakannya di tutorial selanjutnya.

No comments:

Post a Comment