Wednesday, February 6, 2013

Tutorial 1.4 Siklus Pengembangan Program

Siklus pengembangan program merupakan proses yang harus Anda lalui untuk membuat sebuah program. Anda akhirnya akan mengetahui bahwa proses ini sangat mudah. Flowchart pada Gambar 1.5 mengilustrasikan siklus ini.


Gambar 1.5: Bagan ini menunjukkan proses siklus pengembangan program.

Umumnya, untuk membuat sebuah program, Anda ikuti langkah berikut:

  1. Ketik kode dalam editor kode sumber (Dev C++ atau editor lainnya). Anda telah mencobanya pada tutorial 1.3, "Menulis Program Pertama Anda," dan Anda akan melakukan lebih banyak pada saat Anda selesai membaca tutorial yang saya berikan.
  2. Compile. Jika ada kesalahan, Anda harus kembali ke kode untuk memperbaikinya.
  3. Linking. Linking adalah menghubungkan kode dan melakukan proses pemeriksaan apakah kode tersebut bekerja dengan semua file yang Anda masukan atau include kedalam program. Jika Anda mendapatkan pesan kesalahan, Anda harus kembali ke Langkah 1 untuk memperbaiki kesalahan. Dev C++ melakukannya secara otomatis untuk Anda. Anda bahkan tidak perlu khawatir tentang proses linking kecuali Anda mendapatkan error.
  4. Menguji program/Testing. Anda menguji program untuk memastikan bahwa program berfungsi dengan benar. Dengan kata lain, Anda mengujinya untuk memastikan bahwa tidak ada kesalahan semantik. Kesalahan semantik masalah dengan cara program Anda bekerja. Pada dasarnya, kesalahan semantik adalah ketika program anda mengkompilasi dan berjalan, tetapi tidak melakukan apa yang seharusnya dilakukan. Misalnya, jika Anda menulis sebuah program untuk menampilkan kata Hello di layar tetapi mendapatkan kata Selamat tinggal sebagai gantinya, Anda memiliki kesalahan semantik yang harus diperbaiki. Namun, kode masih akan mengkompilasi dengan kesalahan semantik.
Jika langkah-langkah ini dilalui dan berhasil, maka siklus pengembangan sekarang lengkap.

1 comment:

  1. Terbaik (Y)

    Sangat bermanfaat terutama bagi pemulihan dan mahasiswa semester awal. :-)

    ReplyDelete