Wednesday, February 6, 2013

Tutorial 1.3 - Menulis Program Pertama Anda

Tunggu! Jangan matikan dulu komputer. Petualangan selanjutnya akan lebih menarik. Selanjutnya, Anda akan menulis program pertama Anda: aplikasi hello world. Aplikasi ini akan menampilkan pesan hello world pada layar. Proyek ini akan membantu Anda memahami bahasa C dan bagaimana cara kerjanya. Pertama, bagaimanapun, Anda perlu tahu apa yang Dev C++ telah lakukan untuk Anda.

Dimulai dari kode default

Bila Anda membuat proyek baru, Dev C++ menulis beberapa kode otomatis untuk Anda, dan disimpan dengan nama main.c, Isinya berupa kerangka dasar dimana Anda dapat memprogram. Anda dapat menghapus semua atau bagian dari itu, tergantung pada kebutuhan Anda, tetapi sebagian besar, kode yang dihasilkan akan membantu Anda memulai. Kode ini disebut program default. Seharusnya terlihat seperti kode berikut. Di sini, saya akan membimbing Anda baris demi baris:

Baris pertama dan kedua memberitahu compiler bahwa Anda akan menggunakan perintah dari pustaka/library stdio dan stdlib. stdio dan stdlib merupakan pustaka bawaan dari compiler C/C++. Sebelum melanjutkan, saya perlu menjelaskan beberapa istilah lain yang akan digunakan:

Command. adalah kata generik untuk baris kode yang bertindak sebagai instruksi untuk komputer. baris kode yang dimulai dengan # include. Anda menggunakannya untuk memasukkan file Anda atau orang lain yang telah menciptakan dan didalamnya mengandung kode sumber yang akan dimasukan ke dalam program Anda. Setelah # include, Anda menempatkan nama file yang dikelilingi oleh "<" dan ">" (untuk file-file library standar) atau tanda kutip (untuk setiap file lain). Anehnya, file-file library standar tidak memiliki ekstensi file. Itulah mengapa Anda menulis stdio bukannya stdio.c. Namun, sebagian besar file lainnya yang ada akan memiliki ekstensi file, dan Anda harus ingat untuk memasukkannya. Biasanya, ditempatkan di dekat awal file. (Jangan khawatir Untuk saat ini, yang harus Anda ketahui adalah bahwa Anda menggunakannya untuk memasukkan kode lain dalam program Anda..)

Library. Set kode yang ada disediakan untuk kenyamanan Anda sebagai bagian dari C. (Perpustakaan yang berbeda tersedia dengan kompiler yang berbeda, Anda dapat menemukan library karya orang lain dengan mencari Web.. Anda dapat menemukan resource yang sangat baik secara gratis library untuk C di http://www.cnet.com.) Library/pustaka adalah jenis file yang terkompilasi. Sebagai contoh, Anda mungkin menghasilkan nomor acak menggunakan nomor acak menggunakan fungsi rand() karena terdapat di pustaka stdlib (C Standard Library). Anda kemudian harus menempatkan baris # include <stdlib> pada awal program. Pernyataan pembukaan memberitahu compiler pustaka apa yang akan anda gunakan. File library biasanya memiliki ekstensi file header(misalkan stdlib.h).

Baris berikutnya, int main(int argc, char *argv[]), menentukan awal dari fungsi utama. Anda menempatkan sebagian besar kode Anda di dalam fungsi utama. Nanti pada tutorial selanjutnya, "Menulis Fungsi," Anda akan belajar bagaimana untuk menempatkan kode Anda dalam fungsi lain, tapi untuk saat ini, hampir setiap baris yang Anda tulis akan masuk ke dalam fungsi utama. Fungsi utama dimulai dengan {dan diakhiri dengan}. Dalam kurung ini, Anda dapat menempatkan hampir semua baris kode. Setiap program harus memiliki fungsi utama (dan hanya satu).

Baris berikutnya mengatakan bahwa kode fungsi utama dimulai di sini dengan braket terbuka ({).

Kemudian system("PAUSE"); digunakan untuk memanggil shell commands PAUSE, yang fungsinya menunggu user menekan tombol.

return 0; memberitahu komputer yang Anda tidak akan melakukan hal-hal lain lagi dari fungsi utama dan untuk keluar dari fungsi.

Braket penutup (}) pada baris terakhir memberitahu compiler bahwa tidak akan ada lagi baris kode dalam fungsi utama. return 0; merupakan pernyataan executable yang keluar fungsi, tetapi braket penutup yang ada untuk menunjukkan bahwa pernyataan dieksekusi tidak lebih dari dalam fungsi.

Perhatikan bahwa semua titik koma harus dimasukkan. Kebanyakan pernyataan harus diakhiri dengan titik koma. Aturan yang tepat adalah bahwa setiap pernyataan dieksekusi harus diakhiri dengan titik koma. Anda menggunakan titik koma untuk menunjukkan akhir pernyataan, daripada menggunakan ujung baris, yang berarti bahwa Anda dapat memiliki lebih dari satu pernyataan pada satu baris.

Membuat Hello World

Anda sekarang siap untuk membuat program Anda yang pertama, yang saya sarankan penamaan "Hello World" (meskipun Anda bisa menggunakan nama apa pun yang Anda inginkan). Program ini akan menampilkan pesan Hello World di layar. Dengan membuat program ini, Anda akan belajar bagaimana untuk mengedit kode sumber dan menjadi sedikit lebih akrab dengan cara kode sumber yang dibuat oleh Dev C++. Mulailah dengan menambahkan baris kode:

printf("Hello World !\n");

Penambahan \n digunakan sebagai baris baru (carriage return).

Sehingga kode akhirnya seperti ini :

Lalu Compile dan Run (bisa dengan menekan tombol F9), Anda bisa lihat pesan Hello World ! tampil dilayar.

1 comment:

  1. kak , ini gmna sih udah di run terus gak muncul pesan eror nya tapi gak muncul layar hitam kalo sukses gitu kak . listingnya :#include < stdio.h>
    int x,y;
    for (x = 1 ; x > = y ; x ++)
    {
    for (y=1; y <=10=x ; y++)
    {
    cout << setw (4) << x*y <<" " ;
    cout << "\n" :
    }
    tolong bnget kak, kalo aku gak bisa bisa terus -_- gak naik kelas 2 ntr aku kak -_-

    ReplyDelete