Wednesday, February 6, 2013

Mendapatkan Ukuran File (C)



Baca Selengkapnya...

Tutorial 2 - Variabel

Sedang dibuat.. Be Patient, OK!

Baca Selengkapnya...

Tutorial 1.6 - Menampilkan String Menggunakan printf()

Apa yang akan terjadi jika anda menulis program seperti ini:

printf("Hello, apa kabar?");

Jawabannya simple, printf() menampilkan apapapun itu yang ada didalamnya ("....")
Pada kasus ini, printf menampilkan Hello, Apa kabar? yang ditulis antara tanda kutip ganda, tanda kutip sendiri tidak akan ditampilkan di layar, dia hanya sebagai penanda bahwa itu string.

printf() merupakan bawaan standar library (stdio.h), fungsinya menampilkan apapun yang ada didalam parenteses ("...") yang dipanggil setelah fungsi printf.
Agar bisa menggunakan fungsi printf() anda harus menambahkan:
#include <stdio.h> di awal kode.

Escape Character
 
Masih ingat di tutorial sebelumnya saya menambahkan \n ?
seperti:

printf ("Hello World !\n");

\n merupakan Escape Character new line, fungsinya menambahkan baris baru,

Bagaimana jika ingin menampilkan tulisan seperti : Dia berteriak "Heeeey !"
Anda tidak bisa menulis seperti ini : "Dia berteriak "Heeeey !""
solusinya adalah menggunakan escape character \
"Dia berteriak \"Heeeey !\""

jika ditulis dalam program:
printf("Dia berteriak \"Heeeey !\"");

Sebetulnya ada banyak character escape yang bisa digunakan, tetapi saya akan bahas yang pentingnya saja yang sering digunakan
silahkan lihat tabel berikut :

Fungsi
Escape Character
baris baru
\n
horizontal tab
\t
backspace
\b
alert
\a
backslash
\\
tanda tanya
\?
kutip satu
\’
kutip dua
\”

Baca Selengkapnya...

Tutorial 1.5 - Bermain dengan Teks

Sebelum munculnya grafik, teks adalah dasar dari semua program. Game petualangan berbasis teks dan Sistem berbasis teks adalah pengalaman pertama saya dalam pemrograman. Teks masih merupakan elemen yang sangat penting dari pemrograman. Pada bagian ini, Anda akan mengetahui cara merakit dan menyimpan teks.

Teks merupakan media yang paling sederhana untuk menampilkan output dari program.  Nama teknis untuk teks dalam dunia komputer adalah string. Misalnya, dalam program "Hello World", "Hello World" adalah string.

Perakitan String
String adalah kumpulan dari karakter, secara umum, kita berpikir tentang karakter sebagai simbol yang biasa Anda ketik dari keyboard, termasuk spasi. Komputer menafsirkan string seperti "Seraang !" Sebagai rangkaian karakter, setiap huruf yang didalamnya ('S' adalah karakter pertama, 'e' adalah yang kedua, dan seterusnya). String diapit dalam tanda kutip, tapi karakter ditutupi di dalam tanda kutip tunggal. Misalnya, "a", "" (spasi), "4", dan "%" merupakan string yang terdiri dari satu karakter. Tetapi 'a', '', '4 'dan'% ' adalah karakter.

Namun ada beberapa karakter yang tidak bisa ditulis dari keyboard secara pengetikan biasa. Karena sebetulnya Ada 256 jenis karakter.

Anda dapat mengakses karakter lain dengan menekan Alt dan menulis nilai-nilai numerik mereka. Misalnya, nilai numerik dari A adalah 65. (nanti akan saya sertakan tabel ASCII untuk kode-kode karakter di tutorial selanjutnya)

Sangat penting untuk mengetahui perbedaan antara string dan karakter. String terdiri dari karakter, namun sangat berbeda dari karakter. Selain itu, karakter dapat dengan mudah dikonversi ke string, tapi karakter bukan string.

Ini mungkin tampak rumit, tetapi membuat string sebenarnya mudah dilakukan. Berikut ini adalah beberapa contoh dari string. Seperti yang Anda lihat, string hanya teks yang dikelilingi oleh tanda kutip.
"Seraang !"
"Ambilkan pedangku."
"Siapa yang menempatkan pasukan saya di gerobak?"

Menyimpan String

Anda dapat menyimpan string dalam komputer sehingga Anda tidak perlu menulis berulang-ulang. Secara khusus, Anda menyimpan string dengan menempatkannya di memori (memory kita bahas secara rinci di Tutorial 2, "Lebih dalam ... ke Variabel").

OK, ini baru gambaran dasar tentang String dan karakter, minimal Anda tahu dulu apa itu String dan karakter, saya akan bahas lebih detail tentang string dan bagaimana cara menggunakannya di tutorial selanjutnya.


Baca Selengkapnya...

Tutorial 1.4 Siklus Pengembangan Program

Siklus pengembangan program merupakan proses yang harus Anda lalui untuk membuat sebuah program. Anda akhirnya akan mengetahui bahwa proses ini sangat mudah. Flowchart pada Gambar 1.5 mengilustrasikan siklus ini.


Gambar 1.5: Bagan ini menunjukkan proses siklus pengembangan program.

Umumnya, untuk membuat sebuah program, Anda ikuti langkah berikut:

  1. Ketik kode dalam editor kode sumber (Dev C++ atau editor lainnya). Anda telah mencobanya pada tutorial 1.3, "Menulis Program Pertama Anda," dan Anda akan melakukan lebih banyak pada saat Anda selesai membaca tutorial yang saya berikan.
  2. Compile. Jika ada kesalahan, Anda harus kembali ke kode untuk memperbaikinya.
  3. Linking. Linking adalah menghubungkan kode dan melakukan proses pemeriksaan apakah kode tersebut bekerja dengan semua file yang Anda masukan atau include kedalam program. Jika Anda mendapatkan pesan kesalahan, Anda harus kembali ke Langkah 1 untuk memperbaiki kesalahan. Dev C++ melakukannya secara otomatis untuk Anda. Anda bahkan tidak perlu khawatir tentang proses linking kecuali Anda mendapatkan error.
  4. Menguji program/Testing. Anda menguji program untuk memastikan bahwa program berfungsi dengan benar. Dengan kata lain, Anda mengujinya untuk memastikan bahwa tidak ada kesalahan semantik. Kesalahan semantik masalah dengan cara program Anda bekerja. Pada dasarnya, kesalahan semantik adalah ketika program anda mengkompilasi dan berjalan, tetapi tidak melakukan apa yang seharusnya dilakukan. Misalnya, jika Anda menulis sebuah program untuk menampilkan kata Hello di layar tetapi mendapatkan kata Selamat tinggal sebagai gantinya, Anda memiliki kesalahan semantik yang harus diperbaiki. Namun, kode masih akan mengkompilasi dengan kesalahan semantik.
Jika langkah-langkah ini dilalui dan berhasil, maka siklus pengembangan sekarang lengkap.


Baca Selengkapnya...

Tutorial 1.3 - Menulis Program Pertama Anda

Tunggu! Jangan matikan dulu komputer. Petualangan selanjutnya akan lebih menarik. Selanjutnya, Anda akan menulis program pertama Anda: aplikasi hello world. Aplikasi ini akan menampilkan pesan hello world pada layar. Proyek ini akan membantu Anda memahami bahasa C dan bagaimana cara kerjanya. Pertama, bagaimanapun, Anda perlu tahu apa yang Dev C++ telah lakukan untuk Anda.

Dimulai dari kode default

Bila Anda membuat proyek baru, Dev C++ menulis beberapa kode otomatis untuk Anda, dan disimpan dengan nama main.c, Isinya berupa kerangka dasar dimana Anda dapat memprogram. Anda dapat menghapus semua atau bagian dari itu, tergantung pada kebutuhan Anda, tetapi sebagian besar, kode yang dihasilkan akan membantu Anda memulai. Kode ini disebut program default. Seharusnya terlihat seperti kode berikut. Di sini, saya akan membimbing Anda baris demi baris:

Baris pertama dan kedua memberitahu compiler bahwa Anda akan menggunakan perintah dari pustaka/library stdio dan stdlib. stdio dan stdlib merupakan pustaka bawaan dari compiler C/C++. Sebelum melanjutkan, saya perlu menjelaskan beberapa istilah lain yang akan digunakan:

Command. adalah kata generik untuk baris kode yang bertindak sebagai instruksi untuk komputer. baris kode yang dimulai dengan # include. Anda menggunakannya untuk memasukkan file Anda atau orang lain yang telah menciptakan dan didalamnya mengandung kode sumber yang akan dimasukan ke dalam program Anda. Setelah # include, Anda menempatkan nama file yang dikelilingi oleh "<" dan ">" (untuk file-file library standar) atau tanda kutip (untuk setiap file lain). Anehnya, file-file library standar tidak memiliki ekstensi file. Itulah mengapa Anda menulis stdio bukannya stdio.c. Namun, sebagian besar file lainnya yang ada akan memiliki ekstensi file, dan Anda harus ingat untuk memasukkannya. Biasanya, ditempatkan di dekat awal file. (Jangan khawatir Untuk saat ini, yang harus Anda ketahui adalah bahwa Anda menggunakannya untuk memasukkan kode lain dalam program Anda..)

Library. Set kode yang ada disediakan untuk kenyamanan Anda sebagai bagian dari C. (Perpustakaan yang berbeda tersedia dengan kompiler yang berbeda, Anda dapat menemukan library karya orang lain dengan mencari Web.. Anda dapat menemukan resource yang sangat baik secara gratis library untuk C di http://www.cnet.com.) Library/pustaka adalah jenis file yang terkompilasi. Sebagai contoh, Anda mungkin menghasilkan nomor acak menggunakan nomor acak menggunakan fungsi rand() karena terdapat di pustaka stdlib (C Standard Library). Anda kemudian harus menempatkan baris # include <stdlib> pada awal program. Pernyataan pembukaan memberitahu compiler pustaka apa yang akan anda gunakan. File library biasanya memiliki ekstensi file header(misalkan stdlib.h).

Baris berikutnya, int main(int argc, char *argv[]), menentukan awal dari fungsi utama. Anda menempatkan sebagian besar kode Anda di dalam fungsi utama. Nanti pada tutorial selanjutnya, "Menulis Fungsi," Anda akan belajar bagaimana untuk menempatkan kode Anda dalam fungsi lain, tapi untuk saat ini, hampir setiap baris yang Anda tulis akan masuk ke dalam fungsi utama. Fungsi utama dimulai dengan {dan diakhiri dengan}. Dalam kurung ini, Anda dapat menempatkan hampir semua baris kode. Setiap program harus memiliki fungsi utama (dan hanya satu).

Baris berikutnya mengatakan bahwa kode fungsi utama dimulai di sini dengan braket terbuka ({).

Kemudian system("PAUSE"); digunakan untuk memanggil shell commands PAUSE, yang fungsinya menunggu user menekan tombol.

return 0; memberitahu komputer yang Anda tidak akan melakukan hal-hal lain lagi dari fungsi utama dan untuk keluar dari fungsi.

Braket penutup (}) pada baris terakhir memberitahu compiler bahwa tidak akan ada lagi baris kode dalam fungsi utama. return 0; merupakan pernyataan executable yang keluar fungsi, tetapi braket penutup yang ada untuk menunjukkan bahwa pernyataan dieksekusi tidak lebih dari dalam fungsi.

Perhatikan bahwa semua titik koma harus dimasukkan. Kebanyakan pernyataan harus diakhiri dengan titik koma. Aturan yang tepat adalah bahwa setiap pernyataan dieksekusi harus diakhiri dengan titik koma. Anda menggunakan titik koma untuk menunjukkan akhir pernyataan, daripada menggunakan ujung baris, yang berarti bahwa Anda dapat memiliki lebih dari satu pernyataan pada satu baris.

Membuat Hello World

Anda sekarang siap untuk membuat program Anda yang pertama, yang saya sarankan penamaan "Hello World" (meskipun Anda bisa menggunakan nama apa pun yang Anda inginkan). Program ini akan menampilkan pesan Hello World di layar. Dengan membuat program ini, Anda akan belajar bagaimana untuk mengedit kode sumber dan menjadi sedikit lebih akrab dengan cara kode sumber yang dibuat oleh Dev C++. Mulailah dengan menambahkan baris kode:

printf("Hello World !\n");

Penambahan \n digunakan sebagai baris baru (carriage return).

Sehingga kode akhirnya seperti ini :

Lalu Compile dan Run (bisa dengan menekan tombol F9), Anda bisa lihat pesan Hello World ! tampil dilayar.

Baca Selengkapnya...

Tutorial 1.2 - Cara Menggunakan Bloodshed Dev C++

Pada bagian ini, Anda akan belajar bagaimana dasar-dasar menggunakan Bloodshed Dev C++ untuk membuat program dari source code yang dibuat. Source code adalah teks yang merupakan satu set instruksi khusus bahwa komputer harus mengikuti instruksi tersebut. Source code ini tidak sepenuhnya ditulis dalam bahasa Inggris, tetapi ditulis dalam bahasa pemrograman. Anda bisa belajar bagaimana membuat program dengan menulis source code sendiri.

Dengan menggunakan Bloodshed Dev C++ membuat program menjadi lebih mudah karena menggunakan Integrated Development Environment (IDE). IDE memungkinkan Anda untuk menggunakan antarmuka grafis umum untuk compiler Anda, file browser, pengaturan, dan editor kode sumber (jendela di mana Anda mengedit dan melihat source code). .

Membuat Proyek Baru
 
Pertama kali Anda membuka Dev C++, maka akan muncul sebagaimana ditunjukkan pada Gambar 1.1. Seperti yang Anda lihat, tidak ada sulap ataupun sihir didalamnya :D. Dev C++ hanya aplikasi, seperti Microsoft Word dan Netscape Navigator, bedanya Dev C++ adalah sebuah aplikasi yang Anda gunakan untuk membuat aplikasi lain.

Gambar 1.1: Ini adalah penampakan ketika dev c++ dibuka.


Untuk membuat project baru, silahkan ikuti langkah-langkah ini:
  1. Pada pilihan menu bar klik File.
  2. Kemudian pilih New
  3. Lalu Pilih Project...
Sehingga muncul dialog box seperti gambar 1.2


 Gambar 1.2 Penampakan Dialog Box New Project

Pada contoh kali ini kita akan mencoba membuat project Console Application dan project options yang digunakan menggunakan C project.
Kemudian  Klik OK

Setelah itu, maka dev C++ akan membuat struktur dasar kode dengan bahasa C secara otomatis, seperti gambar 1.3

 
Gambar 1.3 Dev C++ otomatis membuat struktur dasar kode


Mendefinisikan Source Code

Ketika membuat program, Anda harus mengirim instruksi komputer melalui kode sumber(istilah kerennya Source Code). Bahasa pemrograman yang digunakan mengontrol sintaks untuk kode sumber-dalam hal ini, munggunakan sintaks bahasa C. (Sintaks/Syntax adalah seperangkat aturan yang menentukan bagaimana bahasa disatukan.)

Mengapa kita tidak bisa memberitahu komputer apa yang harus dilakukan dalam bahasa kita? Karena Bahasa kita adalah bahasa yang sangat kompleks, dan komputer akan mengalami kesulitan mencari tahu apa yang Anda katakan. C adalah seperti versi sederhana dari bahasa Inggris yang dapat dimengerti oleh compiler(dalam hal ini compiler yang kita gunakan sekarang adalah Dev C++). Pada bagian berikutnya, Anda akan belajar bahwa bahkan C terlalu rumit untuk sebuah komputer untuk memahami secara langsung. Dev C++r harus menerjemahkan bahasa C ke dalam kode mesin. Untuk saat ini, Anda hanya fokus pada penulisan kode sumber dan aturan khusus untuk melakukannya.

C sangat spesifik tentang bagaimana Anda menulis hal-hal. Misalnya, tanda baca dan ketertiban penting dalam C. Bahkan hal kapitalisasi karena C adalah case sensitive, yang berarti kompilator dapat membedakan antara huruf besar dan huruf kecil (compiler berpikir "A" berbeda dari "a").

Untuk membuat sebuah program, pertama yang Anda masukkan kode sumber Anda ke editor kode sumber. Kemudian compiler mengubah kode sumber ke dalam bahasa yang komputer(kode mesin). Compiler dan editor kode sumber keduanya diintegrasikan ke dalam IDE Dev C++. Compiler adalah bagian yang lebih penting, sehingga sering IDE dan segala sesuatu di dalamnya disebut compiler.

Setiap baris kode melakukan sesuatu yang berbeda, mirip dengan masing-masing bahan dalam resep.

Lihatlah kode yang dihasilkan, untuk menampilkan "Hello World !" di layar:


Baris-baris kode tersebut merupakan perintah  yang sah yang dapat Anda kirimkan ke komputer. Anda dapat mengedit dan menambahkan kode ini (atau hanya menghapus dan mulai dari awal) jika Anda ingin membuat program Anda sendiri. Namun, asumsikan untuk saat ini bahwa kode ini adalah program yang Anda tulis. Dalam hal ini, Anda mengkompilasi dan menjalankan kode yang telah dibuat untuk membuat program bekerja.

Compiling
 
Sebelum Anda dapat menjalankan sebuah program, Anda harus mengubah kode yang Anda tulis (bahasa C) ke dalam bahasa komputer yang dapat membaca. Di sinilah compiler Anda mulai bekerja. Bayangkan bahwa Anda adalah peri, dan komputer kerdil. Agar komputer untuk memahami instruksi Anda, Anda harus mengatasi hambatan bahasa. Anda membutuhkan penerjemah yang bisa berbicara baik Dwarven dan Elven. Dalam dunia komputer, penerjemah ini adalah kompilator. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, compiler mengubah bahasa Anda ke dalam bahasa yang disebut kode mesin yang komputer Anda dapat membaca. Namun, terjemahan ini berjalan hanya satu cara. Compiler tidak bisa menerjemahkan kode mesin ke kode sumber.

Menggunakan Dev C++ untuk mengkompilasi, ikuti langkah berikut:

Pada menu utama, klik Execute dan pilih Compile dari menu drop-down. Kotak dialog save file akan muncul, jika anda pertamakali membuat project baru, simpan file source dan project dengan nama bebas, dalam contoh ini saya menyimpan dengan nama hello.c, kemudian setelah itu Sebuah dialog box bernama hello.c muncul. (Langkah ini kadang-kadang membutuhkan waktu beberapa menit saja membiarkan compiler menyelesaikan tugasnya..)

Ketika jendela ini aktif, Compiler mengkonversi file ke dalam kode mesin dan memeriksa untuk memastikan bahwa Anda tidak melanggar salah satu aturan dari bahasa C. Jika Anda mengubah kode yang yang telah di generate oleh Dev C++, kemudian anda melakukan kesalahan didalamnya, maka layar kesalahan mungkin muncul. Jika Anda tidak mengubah kode (atau perubahan Anda bebas dari kesalahan), compiler akan menutup jendela Hello.c  ketika selesai mengubah program Anda ke dalam kode mesin. Program ini sekarang sudah siap untuk dijalankan.

Pilih Execute, lalu klik Run di drop-down menu.

Sekarang muncul jendela menampilkan output dari program Anda (lihat Gambar 1.4).




Baca Selengkapnya...